Buku ini merefleksikan moralitas prilaku manusia dalam tradisi yang sangat panjang. Pertama dibahas masalah klasik mengenai nurani, kebebasan, tanggung jawab, nilai, norma, hak, kewajiban, dan keutamaan. Lalu bernajak ke beberapa teori besar seperti hedonisme, eudemonisme, utilitarianisme dan deontologi. Disajikan pula etika dibidang-bidang khusus seperti dunia kedokteran, bisnis, dan lingkunga…
Tema Kepemmpinan Heroik adalah sarana yang dapat membantu kita semua menjadi pemimpin yang lebih baik - apakah kita mengelola perusahaan atau membesarkan anak-anak di rumah - dengan mengejar empat keutamaan inti: kesadaran diri, engenuitas, heroisme dan cinta kasih. Kisah sukses Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berhasil menyatukan begitu banyak manusia dari beragam etnis dan bahasa - b…
Buku ini mengupas masalah-masalah aktual yang berkaitan dengan dunia sosial politik, biomedis, dan masalah-masalah lain. Buku yang berupa kumpulan esai ini mencoba menerapkan pemikiran moral atas situasi konkret serta memberi inspirasi dan pegangan bagi teman-teman pembaca dalam menyikapi permasalahan yang selalu muncul dalam kehidupan. Dengan satu harapan bahwa pembaca akan semakin bijak dalam…
Buku ini menjelaskan dengan ringkas mengenai defini Etika, bagaiamana Etika diterapkan oleh agama-agama kuno, dan bagaimana Etika berlaku dalam hak asasi manusia, hukum dan tantangan-tantangannya. Yang menarik dari buku ini adalah lampirannya yang berisi kata-kata bijak dari filuf-filsuf Yunani kuno dan pemikir Eropa abad pertengahan mengenai Etika, serta dua halaman terakhir berisi prinsip-pri…
Buku ini menjelaskan bagaimana etika bisnis kini menjadi suatu bidang garapan intelektual dan akademis yang tidak kalah penting dengan bidang-bidang lain. Etika bisnis adalah pemikiran atau refleksi tenang moralitas dalam ekonomi dan bisnis. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dillakukan manusia dan kegiatan ekonomis merupakan suatu bidang perilaku manusia yang penting. Maka tidak men…
Tuntutan bahwa bisnis harus beretika mutlak, tak dapat ditawar jika bisnis ingin berkembang dan lestari. Artinya kebiasaan berbisnis secara baik dan etis memang menjadi sebuah tuntutan dari dalam setiap perusahaan yang berkeinginan membangun sebuah dinasti bisnis yang berhasil dan tahan lama. Bagi mereka yang berbisnis dengan visi jangka panjang, kehadiran buku ini akan memberikan wawasan luas …
Dengan meleburnya perusahaan dalam konsepide bisnis baru, setiap perusahaan perlu menyadari bahwa mereka adalah korporasi. Suatu perusahaan yang berkembang lebih besar, seringkali menyederhanakan citra mereka untuk menyatukan aktivitas yang terpisah. Di sinilah, setiap perusahaan membutuhkan cabang iklan yang lebih dari sekedar iklan komersial yang hanya mempromosikan produk atau jasa, tetapi j…
Buku ini membahas tegangan antara bisnis dan etika untuk menemukan jalan tengah yakni bisnis yang beretika di jaman revolusi teknologi informasi seperti saat ini. Unsur fairness atau keadilan dalam bisnis menjadi hal yang utama. Para pelaku bisnis semakin dituntut untuk menegakkan etika. Buku ini ditujukan kepada para pelaku bisnis pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya sebagai kekuat…
Isi buku ini adalah makalah-makalah seminar dan sambutan-sambutan pilihan yang disajikan Jakob Oetama dalam berbagai kesempatan dalam tahun 1980-1990-an, yakni dua dekade yang ditandai dengan petumbuhan bisnis Indonesia. Jakob yang dididik sebagai guru akhirnya memimpin badan usaha yang besar dan terus mengembangkan suku bidang usahanya. Jika melihat dari pribadinya dan bidang usaha yang digelu…
Buku ini menjelaskan bagaimana cara pandang kolaborasi dan kerjasama dalam berbisnis akan mendatangkan hasil yang lebih dahsyat daripada cara pandang kompetisi. Dengan demikian etika dalam bisnis akan menjadi fondasi yang kokoh bagi kelangsungannya. Buku ini sangat baik dibaca oleh siswa-siswi yang sedang belajar di kelas Etika maupun yang tertarik dengan Management dan Bisnis. Zaman telah b…