Buku ini berisi metode pengumpulan data, penyajian, distribusi, ukuran, analisis korelasi, data berkala, dan analisis kemungkinan. Melalui buku ini teman-teman akan dibantu untuk menyajikan dan menjelaskan peristiwa-peristiwa sosial yang teman-teman tangkap sebagai sebuah permasalahan yang menarik untuk diteliti.
Pada jilid ke-2 ini yang dipaparkan adalah variabel acak dan nilai harapan, distribusi teoretis, penarikan sampel dengan pendugaan, pengujian hipotesis, regresi sederhana, regresi berganda, dan metode statistik nonparametrik.
Buku ini berisi informasi mengenai proses dari riset, pemilihan topik serta perumusan dari persoalan riset, rencana riset, sumber data dan metode pengumpulan data, pelaksanaan proyek riset dan laporan hasil riset, penggunaan metode riset di dalam riset pemasaran, arti dan kegunaan ekonometrik.
Buku ini berisi informasi tentang kolineritas ganda, heteroskedastisitas, otokorelasi, model otoregresif dan distributed-leg, regresi dengan variabel boneka (dummy), model dengan persamaan tunggal dan simultan, persoalan identifikasi dan metode persamaan simultan, serta terma-terma ekonometrik lain yang bisa kita intip di buku ini. yuk ngintip sedikit-sedikit ilmu ini.