Tujuan pendidikan di sekolah Jesuit diarahkan agar siswa memiliki kompetensi yang baik, hati nurani benar dan berbela rasa. Istilah ini sering disingkat dengan 3C (competence, consience, dan compassion). Untuk mendukung tujuan tersebut, paradigma senantiasa dihidupi oleh kolese Jesuit adalah Paradigma Pedagogi Ignatian (PPI) atau Paradigma PEdagogi Reflektif (PPR). PPI dan PPR sebagai sebuah sp…
Entah disukai atau tidak, refleksi dan evaluasi adalah panggilan badi siapapun yang terlibat dalam layanan pendidikan. Tanpa refleksi dan evaluasi, arah, langkah, cara layanan pendidikan dan terlebih semangat dasarnya akan tidak dikenali dan disadari sehingga prosese pendidikan akan berlangsung begitu saja alias asal-asalan. Pada lembaga pendidikan Yesuit atau yang dikelola Yesuit, refleksi …
Arah dan kurikulum pendidikan Jesuit digariskan dalam Ratio Studiorum 1599 yang kemudian diperbaharui dan dirumuskan kembali secara konstekstual dalam dokumen Ciri Khas Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Jesuit" yang berisi pokok-pokok antara lain sebagai berikut. Pendidikan Jesuit meliputi pembentukan nilai, sikap, dan kemampuan untuk menilai meliputi pembentukan kehendak. Pelaksanaan pendi…