"Tidak ada bangsa yang tertinggal, yang ada hanyalah bangsa yang lalai membangun masa depan melalui pendidikan anak-anaknya." Rasanya ungkapan ini benar adanya. Kasus tawuran, pergaulan bebas, atau tindakan bullying oleh senior yang masih marak terjadi di lingkungan pendidikan pertama dan mengengah, menunjukkan bahwa pendidikan masih punya peranan penting dalam mempersiapkan generasi emas bangs…
Dokumen ini meneruskan kebiasaan memberikan perangkat bantu kepada kerasulan pendidikan kita dalam merefleksikan dan menimbang-nimbang tantangan dan peluang khas zaman ini. Dokumen ini melanjutkan proses pembaruan, inovasi, dan imajinasi ulang atas pendidikan kita dalam mengarungi narasi besar perubahan zaman yang kita alami saat ini. Bentuk penghargaan palingm endalam terhadap tradisi pendidik…
Buku ini berisi informasi tentang mengapa sekolah di rumah, kedua adalah masa depan sekolah-rumah, ketiga tentang model-model pendidikan alternatif, dan wacana-wacana kritis tentang pendidikan.rnHomeschooling atau sekolah-rumah tidak menuntut orangtua menjadi guru layaknya guru dalam ruang kelas. Cukup dengan mendorong anak untuk menumbuhkembangkan pengalaman belajar dalam balutan cinta, kasih …
Buku ini berisi 69 berita tentang De Britto yang dimuat di media cetak, baik surat kabar maupun majalah. Buku ini diterbitkan supaya lebih banyak orang mengenal dengan lebih baik salah satu kolese Jesuit ini. Melalui buku ini, pembaca diajak untuk melihat arah pendidikan SMA De Britto secara lengkap dan utuh. Berita yang tersaji dalam buku ini dipilih berdasarkan macam peristiwa atau kegiatan y…
Tujuan pendidikan di sekolah Jesuit diarahkan agar siswa memiliki kompetensi yang baik, hati nurani benar dan berbela rasa. Istilah ini sering disingkat dengan 3C (competence, consience, dan compassion). Untuk mendukung tujuan tersebut, paradigma senantiasa dihidupi oleh kolese Jesuit adalah Paradigma Pedagogi Ignatian (PPI) atau Paradigma PEdagogi Reflektif (PPR). PPI dan PPR sebagai sebuah sp…
Entah disukai atau tidak, refleksi dan evaluasi adalah panggilan badi siapapun yang terlibat dalam layanan pendidikan. Tanpa refleksi dan evaluasi, arah, langkah, cara layanan pendidikan dan terlebih semangat dasarnya akan tidak dikenali dan disadari sehingga prosese pendidikan akan berlangsung begitu saja alias asal-asalan. Pada lembaga pendidikan Yesuit atau yang dikelola Yesuit, refleksi …
Arah dan kurikulum pendidikan Jesuit digariskan dalam Ratio Studiorum 1599 yang kemudian diperbaharui dan dirumuskan kembali secara konstekstual dalam dokumen Ciri Khas Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Jesuit" yang berisi pokok-pokok antara lain sebagai berikut. Pendidikan Jesuit meliputi pembentukan nilai, sikap, dan kemampuan untuk menilai meliputi pembentukan kehendak. Pelaksanaan pendi…
Kerahiman telah menjadi sosok yang hidup dan kasat mata dalam diri Yesus dari nazaret dan dalam dia kerahiman mencapai puncaknya.Buku ini mengajarkan kepada kita mengenai kerahiman ilahi.
Buku ini berisi informasi tentang universitas dalam perspektif sejarah, perkembangan perguruan tinggi di Indonesia, perguruan tinggi Islam dan Kristen di Indonesia, Universitas Katolik, memilih jurusan dan perguruan tinggi mulai dari memilih perguruan tinggi yang mana hingga cara belajar di perguruan tinggi, dan ditutup dengan berbagai alternatif pilihan yakni daftar perguruan tinggi dan progra…
Ulasan pada buku ini selaras dengan kebijakan "Merdeka BElajar" dalam mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia yangmemiliki "Profil Pelajar Pancasila". Buku ini menjadi salah satu bahan bacaan berbobot untuk kita semua yang berkiprah sebagai pendidik pada segenap lini kehidupan. Temukan dan gali makna sejati pendidikan dari buku ini! - Dr. Sutanto, S.H. …