Buku ini berisi pemikiran pater Drost tentang peran Orangtua dan Sekolah dalam proses pendidikan dan pendampingan anak-anak peserta didik.
Buku Sekolah Bukan Pasar ini dapat diperhitungkan sebagai buku yang perlu dimiliki sebagai koleksi buku yang mengulas tentang pendidikan karena isinya dapat mendatangkan inspirasi bagi kalangan yang lekat dengan pendidikan maupun kalangan awam . Isi buku ini juga merupakan kritik sosial yang dapat menjadi bahan refleksi diri bagi berbagai institusi yang bergerak di sektor pendidikan serta peran…
Keberadaan rubrik sebagai instrumen penilaian semakin diperkuat di dalam kurikulum 2013. Namun para guru sering keliru memahami dan menggunakan rubrik. Buku ini menguraikan perbedaan berbagai jenis rubrik dan manfaatnya, menjelaskan bagaimana menggunakan setiap jenis rubrik yang sesuai, dan yang paling penting bagaimana menciptakan rubrik. Jika rubrik diciptakan dan digunakan dengan benar, maka…
Buku ini berisi uraian-uraian mengenai usaha menuntut kepandaian atau pengetahuan. Kata 'sekolah' nyaris selalu dikaitkan dengan praktik belajar-mengajar dalam sebuah ruang kelas. Padahal, kata itu juga dapat berarti 'usaha menuntut kepandaian atau pengetahuan', tanpa menyebutkan persyaratan bagaimana dan di mana kegiatan tersebut dilaksanakan. Berbagai alternatif metode dan pendekatan belajar …
"Tidak ada bangsa yang tertinggal, yang ada hanyalah bangsa yang lalai membangun masa depan melalui pendidikan anak-anaknya." Rasanya ungkapan ini benar adanya. Kasus tawuran, pergaulan bebas, atau tindakan bullying oleh senior yang masih marak terjadi di lingkungan pendidikan pertama dan mengengah, menunjukkan bahwa pendidikan masih punya peranan penting dalam mempersiapkan generasi emas bangs…
Dokumen ini meneruskan kebiasaan memberikan perangkat bantu kepada kerasulan pendidikan kita dalam merefleksikan dan menimbang-nimbang tantangan dan peluang khas zaman ini. Dokumen ini melanjutkan proses pembaruan, inovasi, dan imajinasi ulang atas pendidikan kita dalam mengarungi narasi besar perubahan zaman yang kita alami saat ini. Bentuk penghargaan palingm endalam terhadap tradisi pendidik…
Buku ini berisi informasi tentang mengapa sekolah di rumah, kedua adalah masa depan sekolah-rumah, ketiga tentang model-model pendidikan alternatif, dan wacana-wacana kritis tentang pendidikan.rnHomeschooling atau sekolah-rumah tidak menuntut orangtua menjadi guru layaknya guru dalam ruang kelas. Cukup dengan mendorong anak untuk menumbuhkembangkan pengalaman belajar dalam balutan cinta, kasih …
Buku ini berisi 69 berita tentang De Britto yang dimuat di media cetak, baik surat kabar maupun majalah. Buku ini diterbitkan supaya lebih banyak orang mengenal dengan lebih baik salah satu kolese Jesuit ini. Melalui buku ini, pembaca diajak untuk melihat arah pendidikan SMA De Britto secara lengkap dan utuh. Berita yang tersaji dalam buku ini dipilih berdasarkan macam peristiwa atau kegiatan y…
Tujuan pendidikan di sekolah Jesuit diarahkan agar siswa memiliki kompetensi yang baik, hati nurani benar dan berbela rasa. Istilah ini sering disingkat dengan 3C (competence, consience, dan compassion). Untuk mendukung tujuan tersebut, paradigma senantiasa dihidupi oleh kolese Jesuit adalah Paradigma Pedagogi Ignatian (PPI) atau Paradigma PEdagogi Reflektif (PPR). PPI dan PPR sebagai sebuah sp…