Buku ini berisi informasi tentang hal-hal utama dalam mengajar dimulai dari perhatian kepada orang lain, kekuatan dari dalam diri, ketekunan, pertahanan pribadi, organisasi, strategi mengajar, komunikasi, manajemen Kelas, Motivasi, Presentasi, dan Kepemimpinan.
Buku ini berisi informasi tentang intuisi lawan verifiakasi, model instruksional yang beracuan tujuan, tujuan instruksional, keputusan kurikular, menganalisis tujuan instruksional, merencanakan kegiatan instruksional, transaksi instruksional, pengelolaan kelas, evaluasi pengajaran, dan guru sebagai pelaksana eksperimen.
Buku ini berisi informasi tentang bagaimana merencanakan suatu program pengajaran mulai dari latihan yang sesuai, tahu hasil, menganalisis dan mengurutkan perilaku-perilaku siswa, memahami maksud, dan evaluasi kerja.
Buku ini disusun sebagai persiapan seminar evangelisasi baru. Pertanyaan mengenai apakah itu evangelisasi baru dan bagaimana penerapannya dapat kita peroleh dengan membaca buku ini.
Buku ini berisi informasi tentang peranan belajar di sekolah, seluk beluk mengenai belajar, keadaan awal, tujuan instruksional, komponen-komponen proses belajar mengajar, proses belajar dan jalur-jalur belajar, pengaturan kondisi-kondisi ekstern, lupa dan transfer belajar,evaluasi belajar, dan sejarah perkembangan psikologi belajar.
Buku ini berisi informasi tentang kemahiran mengelola kelas, perbedaan pandangan, pertemuan pertama di kelas, aturan dan hubungan, keterampilan, strategi, dan pengambilan keputusan, mengembangan dan meningkatkan kemampuan.
Buku ini berisi informasi tentang bentuk pengajaran klasikal dengan murid bersikap mendengarkan atau kuliah mimbar, proses belajar, keterampilan-keterampilan yang perlu untuk mengajar, beberapa petunjuk praktis, bentuk-bentuk pengajaran yang lain, hal-hal penting yang berhubungan dengan kegiatan mengajar, beberapa macam taraf berpikir, menyusun suatu kursus, penilaian, keterampilan-keterampilan…
Buku ini berisi informasi tentang bentuk pengajaran klasikal dengan murid bersikap mendengarkan atau kuliah mimbar, proses belajar, keterampilan-keterampilan yang perlu untuk mengajar, beberapa petunjuk praktis, bentuk-bentuk pengajaran yang lain, hal-hal yang berhubungan dengan mengajar antara lain tujuan pengajaran, beberapa macam taraf berpikir, menyusun suatu kursus, penilaian, keterampilan…
Buku ini berisi informasi tentang wawasan kependidikan guru, tujuan pengajaran, cara belajar siswa aktif, strategi pengajaran inkuiri, strategi penyelesaian masalah (problem solving), diskusi kelompok, ceramah bervariasi, dan strategi pengajaran afektif.