KEtidakberdayaan atas dominasi struktur ekonomi politik yang ada, telah semakin menjadikan komunikasi sebagai perilaku para aktor sosial yang berkiblat pada rasionalitas instrumental. Karenannya, di perguruan tinggi , Ilmu Komunikasi dipelajari untuk memperoleh kemampuan pencapaian tujuan manipulasi, dominasi dan persuari, baik dalam merebut konsumen, khalayak, publik, ataupun lawan politik. Il…
Apakah Anda pernah berada dalam situasi penuh kekacauan dan heran karena tidak ada yang bisa berpikir secara masuk akal? Atau, pernahkan Anda mencoba berunding dengan pasangan Anda, tetapi hasilnya yang hancur lebur? Apakah jawaban yang panjang dan bertele-tele membuat Anda gila? Atau, apakah sikap kasar rekan Anda malah membuat Anda terpuruk dan merasa itu salah Anda? Anda tidak sendiri. Se…
Buku ini mendokumentasikan tulisan-tulisan para penggiat ilmu komunikasi dan sosiologi pembangunan. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian yakni, Revolusi Teknologi dan Revolusi Komunikasi, Komunikasi dan Pembangunan Nasional, dan Masyarakat Pantai serta Sistem Komunikasinya.Teman-teman yang tertarik untuk membahas masalah komunikasi dan ingin memulai karya ilmiah mengenai ilmu komunikasi, dapat m…
Jilid 1 ini berisi suatu kerangka ilmiah tentang komunikasi massa dan situasi umum dan perkembangn media massa di Indonesia. Pada bagian pertama bersisi filsafat komunikasi, pendidikan sebagai jembatan komunikasi, kebutuhan pendidikan komunikasi, dasar perkembangan komunikasi massa, perencanaan komunikasi dan masalahnya. Sedangkan pada bagian ke dua berisi perkembangan media elektronika selama …
Jilid ke-4 ini berisi uraian mengenai komunikasi internasional. 7 uraian yang menjabarkan landasan kerjasama dan masalahnya antara lain titiktolak kerjasama, perubahan masyarakat, kerjasama Intrernasional, Prokondisi sebelum kerjasama, propaganda internasional dan masyarakat ASEAN.
Jilid 3 ini menguraikan beberapa masalah terapan perancanaan komunikasi. Uraian itu antara lain perencanaan pembangunan dan komunikasi, Kerjasama antardepartemen-lintas sektoral dalam bidang kebudayaan dan penerangan, pengendalian rencana penerbitan pemerintah dalam menunjang pembangunan, masalah pengadaan buku dan penerbitan, dasar komunikasi dan jurnalistik, komunikasi massa dan penerangan te…
Jilid ke-2 ini berisi uraian mengenai Media Massa dan pengaruh sosial politik-budaya. Pada bagian ini kita dapat menemukan 5 pokok uraian yakni Media Massa, radio, siaran pedesaan, film, dan pengaruh media massa terhadap kehidupan sosial-budaya dan politik.
Komunikasi tidak hanya terkait dengan media massa saja, tetapi cakupannya sangat luas. Meliputi segala segai dan bidang kehidupan manusia. Sehingga perlu dipahami secara antardisiplin, melintasi berbagai ilmu. TErmasuk tantangan yang membatasi hubungan antarmanusia. Buku ini berisi 60 penulis dari berbagai profesi dan latar belakang. Buku ini seharusnya dibaca oleh pakar, dosen, mahasiswa, p…
Buku ini mendokumentasikan hasil-hasil konsultasi nasional Gereja dan Komunikasi III yakni refleksi teologis, strategi komunikasi sosial gereja, kewaspadaan media, rekomendasi. Materi Konsultasi antara lain Komunikasi Komunitas, komunikasi untuk martabat manusia, revolusi teknologi komunikasi peluang atau tantangan, kewaspadaan media, perempuan dan media. Bagian terakhir terdiri dari 2 tulisan…
Buku ini berisi uraian singkat mengenai komunikasi, komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal. Melalui uraian-uraian tersebut, relasi antarmanusia dijelaskan seturut pentingnya dan dalamnya komunikasi dengan diri sendiri maupun dengan sesama.