SMA KOLESE GONZAGA

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Librarian Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional
Bookmark Share

Text

Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional

Tilaar, H.A.R. - Personal Name; Hapsari, Suratina Dhian - Personal Name;

Buku ini mengidentifikasi beberapa program prioritas pendidikan, antara lain lembaga-lembaga pendidikan sebagai pusat kebudayaan, pendidikan kewargaan, kurikulum pendidikan multikultural, kebajikan perbukuan dan informasi, serta pendidikan guru. Buku ini dapat menjadi referensi yang bagus bagi teman-teman yang tertarik mendalami tema-tema globalisasi terkait dengan pendidikan dan hubungan antar sesama manusia dalam keberagaman budaya, bahasa, dan etnis.

Secara etimologis, multikulturalisme dibentuk dari kata multi (banyak), kultur (budaya), dan isme (aliran/paham). SEcara hakiki dalam kata itu terkandung pengakuan akan martabat manusia yang hidup dalam komunitasnya dengan kebudayaannya masing-masing yang unik. Dengan demikian, setiap individu merasa dihargai sekaligus merasa bertanggung jawab untuk hidup bersama dalam komunitasnya. Pengingkaran suatu masryarakat terhadap kebutuhan untuk diakui (politics of recognition) merupakan akar dari ketimpangan-ketimpangan di dalam berbagai bidang kehidupan.

Dalam membangun masyarakat Indonesia baru yang demokratis dan menghormati hask asasi manusia, maka pedagogik yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang multikultural tidak lain daripada pedagogik kesetaraan (Equity pedagogy). Dalam pedagogik kesetaraan, kita menghormati kesetaraan dari berbagai jenis budaya dalam masyarakat Indonesia, kesetaraan di dalam kehidupan bersama dalam mengurangi gap yang semakin menonjol antara yang kaya dan yang miskin, kesetaraan gender dan kesetaraan dalam kesempatan memperoleh epndidikan.

Dalam buku ini, penulis mengidentifikasikan beberapa program prioritas pendidikan, antara lain:
1. Lembaga-lembaga pendidikan sebagai pusat kebudayaan.
2. Pendidikan Kewargaan.
3. Kurikuluml pendidikan multikultural.
4. Kebijakan perbukuan dan informasi.
5. Pendidikan guru.


Availability
#
Library Gonzaga (R. Sirkulasi 300) 306 TIL m
B0003626
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
306 TIL m
Publisher
Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia., 2004
Collation
xxxiv, 402 hal.; ilus.; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-732-885-6
Classification
306
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1, 2004
Subject(s)
pendidikan
Globalisasi
Multikulturalisme
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

SMA KOLESE GONZAGA
  • Information
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.


© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?