Text
Reformasi Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar-ibarat bangunan- merupakan fondasi dari seluruh jenjang pendidikan. Jika fondasi tidak kokoh, maka rapuhlah dasar jenjang pendidikan selanjutnya. Karena itu, pendidikan dasar selain meletakkan dasar-dasar yang kokoh, juga dituntut lebih. Misalnya, menyiapkan peserta didik dan membekali mereka dengan kemampuan-kemampuan lain, agar sanggup menjawab setiap perubahan yang akan terjadi baik dari dalam maupun dari luar.
Negara maju seperti Jepang, sudah sejak dini membekali siswa pendidikan dasar dengan berbagai kemampuan, antara lain kemampuan analitis, kreatiavitas, kemandirian, serta penanaman sikap-sikap positif.
Bagaimana di Indonesia? Buah-buah pendidikan yang kita petik hari ini, belum menunjukkan buah-buah itu berasal dari pohon yang baik. Adakah yang "salah" dengan pendidikan dasar kita? Jika pendidikan dasar belum menunjukkan hasil yang maksimal, maka ia perlu direformasi, dibentuk ulang.
Reformasi Pendidikan Dasar tidak hanya menyajikan kerangka teoritis dan pemikiran-pemikiran para pakar bagaimana mereformasi pendidikan dsari. Ia juga analitis, kritis , serta sangat aplikatif. Karena itu, sangat baik menjadi bahan bacaaan dan kajian bagi para pendidik , orang tua, pemikir dan perencana pendidikan.
Yang disajikan buku ini antara lain kerangka teoretis dan pemikiran-pemikiran para pakar bagaiamana mereformasi pendidikan dasar. Ia juga analitis, kritis, serta sangat aplikatif. Karena itu sangat baik menjadi bahan bacaan dan kajian bagi para pendidik, orangtua, pemikir, dan perencanaan pendidikan.
No other version available