SMA KOLESE GONZAGA

  • Home
  • Librarian
  • Librarian Login
  • e-Koleksi
    Buku KEMDIKBUD Buku digital PERPUSNAS perpustakaan BANK INDONESIA
    Jurnal
    Perpustakaan Nasional Universitas Indonesia Universitas Gadjah Mada Universitas Katolik Parahyangan
    Tautan
    Perpustakaan Nasional Instagram Perpustakaan Gonzaga
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu
No image available for this title
Bookmark Share

Text

Pendidikan Budi Pekerti 1,2,3

Juniati, Myriam Sylvia - Personal Name; Harsanto, Radno - Personal Name; Haeropih - Personal Name;

Koleksi buku pendidikan budi pekerti di dalam buku ini terdiri dari 3 jilid yakni jilid 1,2,dan 3. Gerakan Pendidikan Nilai diwujudkan dalam pendidikan budi pekerti di sekolah. Latar belakang pedidikan itu antara lain karena menyadari bahwa akar dari krisis ekonomi, politik, sosial, bangsa Indonesia adalah krisis moral, devaluasi harkat manusia. Kedua manusia makin memasuki era multiperadaban yang ditandai dengan paradoks budaya antara lokalitas dan globalitas. Ketiga adalah kecerdasan emosional ternyata menjadi faktor utama keberhasilan hidup studi, bisnis, religius, berkeluarga, berbangsa, dan sebaliknya sungguh ironis terjadi pada sekolah tanpa pendidikan budi pekerti. Buku ini secara khas menyoal kebiasaan perilaku sehari-hari terhadap diri sendiri, sesama, masyarakat, alam semesta dan sang pencipta daripada bersoaljawab tentang hafal rumus etika, moralitas, dan etiket. Metode pengajaran berfokus pada latihan-latihan afeksi siswa agar mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan mengekspresikan emosi dan afeksi diri sendiri dan sesama. Dengan itu remaja akan menatap konflik moral, konflik kognitif lewat kasus-kasus yang disajikan dan kemudian belajar darinya. rnBuku ini sarat dengan lembar-lembar evaluasi/refleksi kebiasaan perilaku sehari-hari siswa sebagai teman refleksi pribadi. Dinamika pola aksi-refleksi itu akan membentuk watak baik dalam diri siswa. Siswa mengalami proses pematangan komitmen, afeksi/kehendak, kognisi dalam menatapi perilakunya sehari-hari. Guru dapat mengevaluasi/mengukur tingkat perkembangan afeksi, sikap siswa dari kebiasaan siswa dan kematangan motivasi tiap siswa.


Availability
#
Location name is not set Location name is not set
B0009659
Available
#
Location name is not set Location name is not set
B0009660
Available
#
Location name is not set Location name is not set
B0009661
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.4 JUN p
Publisher
Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia., 2000
Collation
x, 46 p.: ill; 25 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9796698617
Classification
Student Guidance and Counseling/Bimbinga
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1, 2000
Subject(s)
pendidikan
Budi Pekerti
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

SMA KOLESE GONZAGA
  • Information
  • Librarian
  • Member Area

About Us

Gonzaga Senior High School has been founded since 1987 and directed by Jesuits of Indonesia Province.
As a product of Jesuit education, Gonzaga College prioritize Competence, Conscience, Compassion, and Commitment for our students.
We appreciate the individual gifts of each student and challenge them to share those gifts with our school community and the world beyond.

“Ad Maiorem Dei Gloriam” is our motto.
Welcome to Gonzaga College! We encourage our students to be men and women for others as a part of preparing the future leaders.


Telp. (021) 7804986
Email : perpustakaan@gonzaga.sch.id


© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?