Text
Pendidikan Budi Pekerti 1,2,3
Koleksi buku pendidikan budi pekerti di dalam buku ini terdiri dari 3 jilid yakni jilid 1,2,dan 3. Gerakan Pendidikan Nilai diwujudkan dalam pendidikan budi pekerti di sekolah. Latar belakang pedidikan itu antara lain karena menyadari bahwa akar dari krisis ekonomi, politik, sosial, bangsa Indonesia adalah krisis moral, devaluasi harkat manusia. Kedua manusia makin memasuki era multiperadaban yang ditandai dengan paradoks budaya antara lokalitas dan globalitas. Ketiga adalah kecerdasan emosional ternyata menjadi faktor utama keberhasilan hidup studi, bisnis, religius, berkeluarga, berbangsa, dan sebaliknya sungguh ironis terjadi pada sekolah tanpa pendidikan budi pekerti. Buku ini secara khas menyoal kebiasaan perilaku sehari-hari terhadap diri sendiri, sesama, masyarakat, alam semesta dan sang pencipta daripada bersoaljawab tentang hafal rumus etika, moralitas, dan etiket. Metode pengajaran berfokus pada latihan-latihan afeksi siswa agar mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan mengekspresikan emosi dan afeksi diri sendiri dan sesama. Dengan itu remaja akan menatap konflik moral, konflik kognitif lewat kasus-kasus yang disajikan dan kemudian belajar darinya. rnBuku ini sarat dengan lembar-lembar evaluasi/refleksi kebiasaan perilaku sehari-hari siswa sebagai teman refleksi pribadi. Dinamika pola aksi-refleksi itu akan membentuk watak baik dalam diri siswa. Siswa mengalami proses pematangan komitmen, afeksi/kehendak, kognisi dalam menatapi perilakunya sehari-hari. Guru dapat mengevaluasi/mengukur tingkat perkembangan afeksi, sikap siswa dari kebiasaan siswa dan kematangan motivasi tiap siswa.
No other version available