Text
Metode Riset, Perilaku Konsumen Jasa
Produk dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengklasifikasikannya berdasarkan pada berwujud atau tidaknya produk tersebut. Dengan kriteria ini, produk dapat diklasifikasikan sebagai barang yang tahan lama, barang tidak tahan lama, dan jasa. Akan tetapi, membedakan antara barang dan jasa sering sukar dilakukan, misalnya karena pembelian suatu barang sering dilengkapi dengan jasa-jasa atau sebaliknya, pembelian jasa sering melibatkan barang-barang.rnProduk yang ditawarkan perusahaan dapat dibedakan secara umum ke dalam lima kategori yaitu produk fisik murni, produk fisik yang disertai dengan jasa pendukung, produk hibrid yang porsi barang dan jasa relatif berimbang, jasa utama yang didukung oleh barang, dan jasa murni. Produk sampo atau sabun mandi merupakan contoh barang yang dibelirelatif tanpa unsur jasa. Produk sepeda motor sudah dibarengi dengan jasa pendukung, misalnya jasa pengantaran produk ke rumah, jasa service gratis untuk pemakaian sekian kilometer, dan seterusnya. Produk hibrid, misalnya Mc Donald, antara produk ayam goreng yang dijual diimbangi dengan jasa layanannya. Sementara itu, orang-orang yang menginap di hotel selain jasa layanan yang diterima juga disediakan Koran, buah-buahan, dan sarapan pagi gratis. Selain itu, jasa murni dapat ditunjukkan misalnya pijat refleksi, konsultasi hukum, dan lain-lain. rnDengan beberapa contoh pengelompokkan usaha pada kelima kategori di atas, kiranya anda dapat menentukan sendiri suatu jenis usaha masuk kategori yang mana dari lima alternatif tersebut.
No other version available