SMA KOLESE GONZAGA

  • Home
  • Information
  • Librarian
  • Librarian Login
  • Jurnal
    Perpustakaan Nasional Universitas Indonesia Universitas Gadjah Mada Universitas Katolik Parahyangan
    Tautan
    Perpustakaan Nasional Instagram Perpustakaan Gonzaga
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Paulo Freire dan Islam Pembebasan
Bookmark Share

Text

Paulo Freire dan Islam Pembebasan

Dhakiri, Muh. Hanif - Personal Name;

Buku ini menguraikan konsep pendidikan yang membebaskan dalam karya-karya Paulo Freire, Paradigma Pembebasan Islam, dan pertemuan antara kedua pemikiran tersebut lalu ditutup dengan sebuah epilog berjudul pembebasan yang fitrah. Melalui buku ini, teman-teman akan berkenalan dengan ide-ide pendidikan yang membebaskan dan ide pembebasan dalam Islam.

Pendidikan pembebasan adalah sebuah konsep yang lahir dari usaha-usaha kreatif Paulo Freire, seorang pendidik multikultural asal Brasil, dalam pemberantasan buta huruf orang-orang dewasa di seluruh Brazil sebelum kudeta militer tahun 1964. Dasar pemikiran pendidikan pembebasan, yang merupakan suatu sistem pendidikan alternatif dalam menyikapi pincangnya struktur masyarakat di negara sedang berkembang, adalah bahwa manusia utuh adalah manusia sebagai subjek, yang turut berpartisipasi dalam pembentukan sejarah dirinya dan dunianua sendiri. Pendidikan pembebasan dimaksudkan untuk menumbuhkan pikiran kritis dalam masuarakat agar mereka mampu merefleksikan diri, tanggung jawab dan peranan mereka dalam lingkungan dan memperjuangakan hak-hak merek asehingga mampu mengangkat diri mereka ke tingkat yang lebih manusiawi.

Sementara itu, Islam menekankan amal baik, komitmen kerakyatan, keadilan serta perlindungan terhadap yang miskin dan tertindas. SEbagai sebuah agama sekaligus sebuah sistem nilai, Islam mengajarkan penghargaan terhadap eksistensi dan akualisasi diri manusia sebagai makhluk beradab, berfikir dan berkesadaran. SEjarah Islam menunjukkan bahwa pendidikan pembebsan yang dipopulerkan oleh Freire telah diterapkan Nabi Muhammad dalam strategi gerakan dakwah Islam yang intinya adalah pembebasan dari eksploitasi, penindasan, dominasi, dan ketidakadilan dalam segala aspeknya. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa Islam memiliki potensi sebagai agama pembebasan.


Availability
#
Library Gonzaga (R. Sirkulasi 200) 297.63 DHA p
B0003340
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
297.63 DHA p
Publisher
Jakarta : Djambatan., 2000
Collation
xxiv, 212 p.; ilus.; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
979-428-407-6
Classification
297.63
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1, 2000
Subject(s)
sosial
Islam
Teologi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

SMA KOLESE GONZAGA
  • Information
  • Librarian
  • Member Area

About Us

Gonzaga Senior High School has been founded since 1987 and directed by Jesuits of Indonesia Province.
As a product of Jesuit education, Gonzaga College prioritize Competence, Conscience, Compassion, and Commitment for our students.
We appreciate the individual gifts of each student and challenge them to share those gifts with our school community and the world beyond.

“Ad Maiorem Dei Gloriam” is our motto.
Welcome to Gonzaga College! We encourage our students to be men and women for others as a part of preparing the future leaders.


Telp. (021) 7804986
Email : perpustakaan@gonzaga.sch.id


© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?