Text
Pengantar Etika Bisnis (edisi revisi)
Buku ini menjelaskan bagaimana etika bisnis kini menjadi suatu bidang garapan intelektual dan akademis yang tidak kalah penting dengan bidang-bidang lain.
Etika bisnis adalah pemikiran atau refleksi tenang moralitas dalam ekonomi dan bisnis. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dillakukan manusia dan kegiatan ekonomis merupakan suatu bidang perilaku manusia yang penting. Maka tidak mengherankan apabila etika menyoroti juga ekonomi dan bisnis. Bisnis sendiri dan semua pihak yang terlibat di dalamnya akan dirugikan bila segi etika ini diabaikan. Karena itu, etika sepatutnya diberi tempat juga bila kita mendidik dan melatih orang muda yang ingin memilih bisnis sebagai profesinya. Dalam buku ini akan dijelaskan bagaimana etika bisnis kini menjadi suatu bidang garapan intelektual dan akademis yang tidak kalah dengan bidang-bidang lain.
Buku Pengantar Etika Bisnis tumbuh selama mengajar mata kuliah ini di Unicersitas Atma Jaya, mula-mula hanya Fakultas Ekonomi, kemudian juga Program Studi Magister Manajeman. Karena asal usul itu mau tidak mau buku ini akan mencerminkan konsepsi pengarang tentang tujuan studi etika bisnis di perguruan tinggi. Barangkali dapat diupayakan mengeksplisitkan konsepsi itu sebagai berikut. Atas pertanyaan "apa yang dapat diharapkan sebagai hasil studi etika bisnis di perguruan tinggi" atau "mengapa kita mempelajari etika bisnis dalam program studi seperti ekonomi manajemen", pengarang menjawan dengan menunjuk kepada tiga tujuan yang ingin kita capai bila terjun dalam studi etika bisnis ini. (1) Menanamkan atau meningkatkan kesadaran akan adanya dimensi etis dalam bisnis. (2) Memperkenalkan argumentasi moral, khususnya ekonomi dan bisnis serta membantu pebisnis (atau calon pebisnis) dalam menyususn argumentasi moral yang tepat. (3) Membantu pebisnis (atau calon pebisnis) untuk menentukan sikap moral yang tepat di dalam profesinya (kelak).
No other version available