Text
From Competing to Collaborating (Paradigma Baru untuk Meraih Keberhasilan Sejati Secara Berkelanjutan)
Buku ini menjelaskan bagaimana cara pandang kolaborasi dan kerjasama dalam berbisnis akan mendatangkan hasil yang lebih dahsyat daripada cara pandang kompetisi. Dengan demikian etika dalam bisnis akan menjadi fondasi yang kokoh bagi kelangsungannya. Buku ini sangat baik dibaca oleh siswa-siswi yang sedang belajar di kelas Etika maupun yang tertarik dengan Management dan Bisnis.
Zaman telah berubah. Di tengah persaingan yang semakin menggila dis egala bidang, banyak orang, termasuk para pengusaha dan para eksekutif bisnis, kini mulai mempertanyakan paradigma kompetisi. Mereka mulai menghargai dan mengunggulkan paradigma kooperasi atau kolaborasi. Buku ini menegaskan bahwa kolaborasi merupakan pendekatan yang jauh lebih dahsyat daripada kompetisi. Etika dalam bisnis ternyata justru akan menjadi fondasi yang kokoh bagi kelangsungannya.
Saya yakin buku ini akan mampu menggugah setiap pengusaha untuk percaya bahwa bekerja dengan hati berlaku etis dan mengembangkan usaha berdasarkan nilai yang kita yakini akan menjadi elemen penting yang dapat melanggengkan korporasi di masa sekarang maupun di masa depan.
- Fachry Mohamad, CEO dan Owner SMART FM Network.
Sebagai orang dari ranah ekologi yang jauh dari bidang pergumulan rekan JG. Kuncoro, saya menemukan "permainan" saya di dalam buku ini, yaitu ko-eksistensi. Kompetisi yang melahirkan predasi hanya merupakan salah satu bentuk interaksi. Ekologi juga mengenal kerjasama, bahkan altruisme, yaitu kerelaan berkorban demi kepentingan kelompok. Kedua adalah core values yang berperan amat menentukan bagi kelangsungan mahkhluk hidup , termasuk manusia. Dalam sebuah organisasi, amat layak jika kedua core values itu terus ditumbuhkembangkan.
- Prof. Dr. Budi Widianarko, Guru Besar UNIKA Soegijapranata.
No other version available