Text
Pembelajaran Efektif
Buku ini berisi informasi informasi tentang pembelajaran efektif, cara meningkatkan kemampuan pribadi, memahami bagaimana anak-anak belajar, organisasi dan pengelolaan kelas, rancangan instruksional, persoalan seluruh sekolah, dan lampiran tentang sembilan dimensi pembelajaran.
Mutu hasil pendidikan sebagian besar ditentukan oleh mutu kegiatan belajar-mengajar (KBM). Peningkatan mutu KBM di sekolah dasar dalam mempersiapkan anak-anak menghadapi masa kebangkitan nasional kedua atau PJP II, merupakan kebutuhan yang mutrlak dan sangat mendesak. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu KBM, khususunya mutu proses pembelajaran termasuk proses belajar dan hasi belajar adalah peningkatan mutu guru sehingga memiliki tingkat kemampuan profesional yang memadai. Mutu profesional guru hatus terlihat pada kemampuannya mengelola kelas dan mengajar secara efektif. Artinya, guru mampu membelajarkan para siswa menguasai bahan pelajaran yang diberikannya sesuai dengan tuntutan kurikulum.
Para guru, kepala sekolah dan pengawas akan diperkaya dengan menimba pengalaman dari hasil penelitian dan uji coba di sekolah-sekolah Inggris oleh Leverhulme Primary Project Universitas Exeter. Hasil penelitian dan uji-coba diterjemahkan dan disadurkan sesuai dengan keperluan dan kondisi persekolahan di Indonesia oleh Dr. Anwa JAsin, M,Ed., seorang pakar pendidikan terkemuka yang sudah makan asam garam lewat karya nyata di Pusat Kurikulum Badan Penelitan dan Pengembangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
No other version available