Text
INDRA DJATI SIDI Dari ITB untuk Pembaruan Pendidikan
Bagaikan lingkaran setan. Sangat kompleks dan pelik. Itulah gambaran umum persoalan yang menggelayuti pendidikan dasar dan menengah kita. Masalah-masalah klasik seperti pemerataan kesempatan, peningkatan mutu, peningkatan relevansi, hingga bagaimana mengelola pendidikan secara ekfisien, efektif, dan akuntabel, sampai sekarang masih terus mendera. Ketika Indra Djati Sidi diangkat menjadi Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdikbud, Mei 1998, ia dituntut memberesi sederetan persoalan berat tersebut.rnrnDalam perkembangannya, Indra Djati Sidi mengetahui bahwa sumber utama dan lambannya berbagai upaya untuk mengatasi problem-problem pendidikan itu adalah karena maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Praktik KKN itu, antara lain, terjadi dalam penerimaan pegawai baru, pembangunan gedung sekolah, pengadaan alat-alat pendidikan, dan pengadaan buku pelajaran sekolah. Sungguh mengerikan. Dari situlah, sebagai solusinya ia lantas menggulirkan kebijakan block grant. Faktanya block grant bukan hanya telah terbukti ampuh dalam memberantas praktik KKN di bidang pendidikan, tetapi juga ikut meningkatkan transparansi, profesionalitas, akuntabilitas, efisiendi, efektivitas, dan memacu partisipasi aktif masyarakat ddalam penyelenggaraan pendidikan. Indra Djati Sidi adalah sosok practical intelligence. Bukan hanya cerdas menyusun konsep dan piawai menggulirkan inovasi-inovasi baru, tetapi juga cekatan dalam mengimplementasikannya.
No other version available