Text
Panduan dan Praktik Baik Project-Base Learning: Menginspirasi, Mencipta, dan Mendedikasikan Karya
Buku ini merupakan jawaban kegelisahan sekolah, guru, dan orang tua akan arti dan implementasi model pembelajaran Project-base Learning di sekolah melalui Kurikulum Prototipe terbaru (2022). Dalam buku ini, pembaca diajak untuk memahami kondisi dunia saat ini di era VUCA. VUCA merupakan akronim dari Volatilitu (mudah berubah), Uncertainty (tidak pasti, Complec ( kompleks), Ambiguity (ambigu) yang saling berelasi menggambarkan kondisi masa kini.
Pada BAb 1 - Selamat DAtang di Dunia Vuca, pembaca diajak untuk memahami kondisi dan realitas saat ini melalui konsep VUCA. Setelah itu, pembaca diajak untuk memahami peta kurikulum di Indonesia dan model pembelajaran yang dapat menjadi referensi furu dalam merancang aktivitas pembelajaran di sekolah yang dipaparkan pada Bab 2 - Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran. Selanjutnya pada Bab3 - Pengembangan Project-Based Learning di sekolah sebagai implementasi KUrikulumMerdeka, pembaca mempelajari berbagai contoh implementasi Project-BAse Learning dengan cara yang sederhana melalui aktivitas yang menginspirasi (inspiring), mencipta (creating), dan mendedikasikan (dedicating) karyanya. Di sisi lain, berbagai contoh cara untuk mendesain media pembelajaran digital ataupun mendigital ylang dapat digunakan dalam Project-Based Learning dapat dipelajari pada Bab 4 - Desain Media Pembelajaran Pada bagian akhir, terutama Bab 5 - Refleksi dan Perayaan Pembelajaran , pembaca akan disuguhkan aktivitas refleksi dan perayaan Project Based Learning.
Dengan demikian , pembaca dapat memahami aktivitas Project Based Learning secara keseluruhan melalui tahapan menginspirasi, mencipta dan mendedikasikan karyanya. Mari melakukan aktivias pembelajaran yang bermakna, konstektual, dan lokal malaui kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar. Selamat berkarya.
No other version available