Text
Ecopedagogy Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS
Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan pelestearian sumber daya alam. Demikian juga tujuan membangun kompetensi peserta didik agar bisa berkompetensi di era global sering kali menjauhkan mereka dari budaya dan kearifan lokal. Hal tersebut tidak hanya akan mengancam kesinambungan kualitas manusia, melainkan juga akan berpengaruh bagi kerusakan sumber daya alam dan makhluk hidup lainnya di muka bumi.
Buku ini merupakan salah satu alternatif menangkal isu-isu lingkungan dari sudut pandak akademik dan berangkat dari hasil penelilitian tindakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di berbagai sekolah di Indonesia. Hasil penelitian tindakan dalam buku ii idfokuskan pada pengembangan kecerdasalan ekologis (ecoliteracy) peserta didik di jenjang pendidikan dasar dan menengah dalam pembelajaran IPS. Penelitan yang menggunakan pendekatan ecopedagogy ini mengangkat beragam tema sesuai dengan inti lingkungan di daerah setempat.
No other version available