Text
Analisis Motivasi Siswa Sebagai Library Volunteers (Studi Kasus Pada Pencinta Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga)
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa sebagai Pencinta Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga (PPKG) serta dampak yang dirasakan siswanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan indorman menggunakan tehnik purposive sampling dengan 5 informan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dengan menganalisa teori motivasi dua faktor oleh Frederick Herzberg, teori motivasi prososial dari Janusz Reykowski, dan model volunteer functions inventory (VFI) dari Clary dkk.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi yang paling dirasakan siswa sebagai library volunteer di Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga adalah motivasi ekstrinsik. Motivasi tersebut berasal dari luar diri dan biasanya ada pengaruh dari orang lain terutama dari Ibu Kristin. sebagai pengawas kegiatan PPKG, adanya hubungan interpersonal yang sehat, terdapat timbal balik dari pihak perpustakaan kepada para PPKG, lalu kondisi kerja yang aman dan sehat, hingga kegiatan PPKG ini dapat mengurangi sesuatu yang negatif dalam diri anggotanya.
Sedangkan pada motivasi intrinsik yang lebih dirasakan dibanding aspek lainnya adalah adanya apresiasi di lingkungan kerja PPKG, dapat mengembangkan potensi dalam dirinya, dan rasa senang di hatinya. Kegiatan PPKG ini secara keseluruhan berdampak positif pada proses belajar dan prestasi di kelas. Namun tidak semua merasakan dampak pada kemampuan literasi informasinya.
No other version available