Buku ini berisi informasi tentang belajar dalam perkembangan dan pendidikan sekolah, faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan di sekolah, jenis-jenis belajar, tipe-tipe perbuatan belajar, penggunaan hasil belajar-lupa, penggunaan hasil belajar-transfer, dan evaluasi belajar.
Buku ini berisi informasi tentang peranan belajar di sekolah, seluk beluk mengenai belajar, keadaan awal, tujuan instruksional, komponen-komponen proses belajar mengajar, proses belajar dan jalur-jalur belajar, pengaturan kondisi-kondisi ekstern, lupa dan transfer belajar,evaluasi belajar, dan sejarah perkembangan psikologi belajar.
Buku ini berisi ulasan mengenai arti dan makna bimbingan di sekolah, bidang-bidang gerak bimbingan, fungsi petugas bimbingan, alat-alat pengumpulan data, bentuk dan aktivitas bimbingan, kelompok, ciri-ciri khas penyuluhan, struktur dan organisasi bimbingan.