Selain memperluas wawasa berkaitan dengan keberbakatan dan pendidikan anak berbakat, buku ini juga memberikan landasan filosofi, pilihan model, strategi, dan berbagai cara mengembangkan pendidikan anak berbakat. Tujuan penulisan dan penerbitan buku ini tercapai jika mampu merangsang perspektif dan pemikiran anak berbakat.
Buku ini sangat menarik untuk dicermati karena dikeluarkan pada tahun 1984 oleh departemen pendidikan dan kebudayaan. Tatakrama Pergaulan yang masih kita jumpai sampai saat ini. Pembaca bisa menarik nilai-nilai utama yakni perihal menjaga diri dan menjaga kehidupan sosial sebagai point utama tatakrama. Selain karena isinya, buku ini menarik dari segi ilustrasi gambarnya.
Buku ini berisi wacana-wacana pendidikan yang berjudul Manusia dan Dunia yang Sedang Berubah, Sumber Daya Alam Manusia Dalam Perspektif, Dampak Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Sistem Pendidikan, Tinjauan Kritikal terhadap Upaya Membangun Sistem Pendidikan Nasional, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Sebuah Pemikiran tentang Kurikulum yang Relevan untuk Menunjang …
Buku ini berisi informasi tentang cara belajar siswa aktif, pendekatan keterampilan proses, merencanakan pangejaran, pengelolaan kelas, teknik bertanya, metode belajar-mengajar, pajangan kelas, lingkungan sebagai sumber belajar, dan penilaian.
Buku ini berisi informasi tentang bakat dan kreativitas, pemanduan anak berbakat, memupuk bakat dan kreativitas, serta pengembangan kurikulum berdiferensi.